pemeliharaan induk budidaya ikan gurame

pemeliharaan induk budidaya ikan gurame

induk yang dipakai dalam pembenihan sesegera mungkin sudah berumur di atas lima tahun atau sesertag dalam mimpian produktif. selain itu, induk sesegera mungkin berimpianl dari strain yang rupawan, bugar, kuat, serta tak cacat fisik. bobot gurame yang pantas dijsaudara termudaan induk artinya 1,5 – 2 kg per ekor. induk gurame yang sudah dipilih setelah itu dipelihara dalam kolam pemeliharaan. pemeliharannya bisa dcampur dengan ikan jenis lain serupa ikan mas atau ikan tambak yang serupa gurame. kedalsafe kolam induk minimum 75 cm. kolam yang terlantas sertagkal tak baik dipakai, pharapanl gurame suka sekali beMobilitas naik turun. kolam juga sesegera mungkin ditambahi dengan pintu masuk serta keluarnya air sesampai air bisa diubah-ganti. lahan yang dipakai sebagusnya tak berlumpur, tetetapi memiliiki air yang jernih. kepistinormaan kolam hendaknya diadanyaptasi dengan status luas kolam. bila luas kolam 3-4 m2, induk ikan yang dimasukkan berukuran 2-3 kg per ekor.

sebelum benih ditebarkan, kolam induk sesegera mungkin diolah terlebih dulu dengan metode membalik dimpianr tanah dengan cangkul. metode ini berkhasiat buat mengembalikan keadanyaan tanah serta membakar Residu bahan beracun serta penyakit. oleh pharapanl itu, sesudah pembalikan tanah dilsayakan pengapuran buat meningkatkan ph tanah. dosis pengapuran 15-25 g/m2.

konstruksi kolam induk ikan gurame sesegera mungkin dibuat kokoh. kolam bisa dibuat dari tembok dengan dimpianr tanah. namun bila dimpianr kolam serta dinding pematang terbuat dari bahan dimpianr tanah, dinding kolam sesegera mungkin dilapisi dengan bilik atau anysafe bambu. hal ini dilsayakan buat mengjauhi kehancuran pematang hasil perilsaya ikan yang suka mengorek tersebutkannan dari tanah pematang, sesampai mengdampakkan kebocoran.

penebaran insedihn sesegera mungkin dilsayakan waspada. pimpianlnya penebaran yang dilsayakan semetode angkerpangan akan mengdampakkan induk stres. serta bisa menginterupsi sistem pemilahan nantinya. sebagusnya penebaran induk dilsayakan terhadapnya pagi hari supaya suhu udara tak terlampau panas. lebih baik lagi bila kolam induk dberi naungan yang berkhasiat menahan sinar matahari berlebih sesampai ikan di dalamnya bisa berenang dengan hening.

selama pemeliharaan induk, pemberian pakan sesegera mungkin dilsayakan semetode lebih seriusif. pakan yang dimemberi bisa berbentuk pelet dengan kadanyar protein berkisar 40% dengan dosis 1,5 – 2% dari bobot baserta ikan per hari. selain berkadanyar protein tinggi pakan juga sesegera mungkin mengandung vitamin serta mineral yang cukup. selain itu, pakan natural berbentuk daun talas bisa dijsaudara termudaan tersebutkannan tambahan yang dimemberi sekitar 0,5% dari bobot baserta ikan. pemberian pakan dilsayakan dua kali sehari terhadapnya pagi serta sore hari. pemberian pakan sebagusnya dilsayakan semetode berlevel, pharapanl gurame diantaranya ikan yang lamban dalam merespon tersebutkannan terutama tersebutkannan buatan. pemberian pakan yang berkualitas dimaksudkan buat memacu kematangan gonad induk gurame.


 http://ojolali23.blogspot.com/2017/06/pembenihan-ikan-gurame.html

Komentar

Postingan Populer